Gaet Investasi, Menteri Harus Rajin Jemput Bola

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 05 Jan 2018 18:38 WIB
investasi
Gaet Investasi, Menteri Harus Rajin Jemput Bola
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf))

Jakarta: Pemerintah terus menggenjot investasi dari segala sektor. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pun berpesan supaya setiap sektor bisa menjemput bola investasi masing-masing.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan seorang menteri atau pemimpin di suatu sektor jangan seperti raja yang selalu dipenuhi kebutuhannya. Baginya, menteri harus turun langsung.

"Kita harus jemput bola. Jadi menteri jangan merasa jadi raja. Harus terus didatangi. Sekali-sekali harus datangi apa masalahnya. Apa yang harus diselesaikan," tegas Luhut di Kanto Kemenko Perekonomian, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

Luhut juga menyampaikan dalam rapat terbatas dengan Presiden, disampaikannya bahwa urusan birokrasi jangan terlalu berbelit-belit. Sebab hal tersebut menjadi salah satu penghambat faktor investasi menggeliat.

"Berkali-kali Presiden menyampaikan supaya jangan terlalu banyak birokrasi di dalam pengurusan," ungkap dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi meminta jajarannya fokus dan berkonsentrasi kepada masalah investasi. Hal ini untuk menjaga kepercayaan dunia internasional terhadap pengelolaan ekonomi di Tanah Air.

Menurut dia, kondisi ekonomi Indonesia saat ini sudah meningkat. Hal itu dibuktikan dengan adanya kenaikan peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EoDB) dari 120 ke 72.

Lembaga pemeringkat kredit, Standard & Poor’s (S&P), lanjut dia, juga menyematkan peringkat layak investasi kepada Indonesia. Terakhir, Fitch Ratings juga telah mengumumkan peningkatan peringkat dari sebelumnya BBB- menjadi BBB dengan outlook stabil.

Fitch Ratings Ltd adalah suatu lembaga pemeringkat kredit internasional yang memiliki kantor pusat di New York, Amerika Serikat, dan London, Inggris.

"Momentum ini jangan sampai kita kehilangan. Oleh sebab itu, sekali lagi saya ingin lebih fokus dan konsentrasi lagi ada yang namanya investasi," kata Jokowi saat rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

 


(AHL)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA