Masuk Bursa Calon Gubernur BI, Bambang Akui Telah Belajar Moneter Sejak Kuliah

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 14 Feb 2018 14:44 WIB
bank indonesia
Masuk Bursa Calon Gubernur BI, Bambang Akui Telah Belajar Moneter Sejak Kuliah
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (FOTO: ANTARA/Sigid)

Jakarta: Bambang Brodjonegoro masuk dalam daftar empat nama calon Gubernur Bank Indonesia yang akan diajukan Presiden Joko Widodo pada DPR RI.

Meski masih malu-malu, namun ketika ditanya perihal pencalonan tersebut, Bambang pun merespons dengan gayanya yang khas dalam menanggapi pertanyaan wartawan, yakni menjawab dengan singkat.

Bambang diburu pertanyaan perihal pengetahuan seputar moneter. Dia mengatakan telah kenal dengan dunia moneter saat duduk di bangku kuliah.

Pertanyaan tersebut sebenanya terlontar saat Bambang telat hadir dalam acara kick off sensus penduduk 2020 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di kantor pusat BPS, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Februari 2018.

"Bapak telat datang gara-gara habis belajar moneter ya (karena masuk bursa calon Gubernur BI)," tanya salah satu media.

"Apaan belajar moneter," kata Bambang mengelak.

"Saya belajar moneter sudah dari kuliah," Bambang menjelaskan.

Bambang merupakan alumnus strata satu UI jurusan Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional.

Saat ini, Bambang menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas. Bambang juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan di era awal kepemipinan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan nama yang akan mengisi posisi Gubernur Bank Indonesia periode berikutnya. Namun, kata Staf Ahli Wapres Sofjan Wanandi, Presiden Jokowi disebut telah mengantongi empat nama untuk posisi itu di antaranya Chatib Basri, Agus Martowardojo, Bambang Brodjonegoro dan Perry Warjiyo.

"Tentu sudah dibicarakan tapi Presiden belum memutuskan, beberapa calon sudah disebutkan apakah itu Bambang Brodjonegoro, Chatib Basri, Agus Martowardojo, dan Deputi Gubernur BI Ferry," kata Sofjan jumat lalu.

 


(AHL)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA