Jokowi Kantongi Empat Nama Kandidat Gubernur BI

Dheri Agriesta    •    Jumat, 09 Feb 2018 20:05 WIB
bank indonesia
Jokowi Kantongi Empat Nama Kandidat Gubernur BI
Presiden Joko Widodo. (FOTO: medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan nama yang akan mengisi posisi Gubernur Bank Indonesia periode berikutnya. Namun, Presiden Jokowi disebut telah mengantongi empat nama untuk posisi itu.

"Tentu sudah dibicarakan tapi Presiden belum memutuskan, beberapa calon sudah disebutkan apakah itu Bambang Brodjonegoro, Chatib Basri, Agus Martowardojo, dan Deputi Gubernur BI Ferry," kata Sofjan di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 9 Februari 2018.

Empat nama ini sedang menjalani penilaian. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah membicarakan kelebihan dan kekurangan empat kandidat itu.

Meski begitu, Presiden belum memutuskan kandidat yang cocok mengisi posisi tersebut. Sofjan menyebut, situasi ekonomi dunia pun dipertimbangkan dua pimpinan negara.

Kebijakan ekonomi Amerika yang serba tak jelas menjadi pertimbangan dalam penentuan sosok Gubernur BI. Karena, kondisi ekonomi dunia yang tidak stabil bisa berdampak ke Indonesia.

"Dan ini tentu harus disesuaikan juga dengan situasi dunia yang ada ketidakpastian, Amerika begini sekarang, tiba-tiba (saham) New York jatuh, Amerika mau naikkan bunganya. jadi ketidakpastiannya harus kita jaga juga jangan sampai akibatnya untuk Indonesia," jelas Sofjan.

 


(AHL)