Uang Tebusan Tertinggi di Amnesti Pajak Capai Rp1,81 Triliun

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 14 Oct 2016 16:56 WIB
tax amnesty
Uang Tebusan Tertinggi di Amnesti Pajak Capai Rp1,81 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat uang tebusan yang paling besar disetor dalam program pengampunan pajak atau amensti pajak adalah sebesar Rp1,81 triliun. Sementara uang tebusan paling rendah yang dibayarkan adalah sebesar Rp40.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, uang tebusan paling besar datang dari wajib pajak orang pribadi. Sedangkan uang tebusan paling rendah dibayarkan oleh wajib pajak badan.

"Tebusan tertinggi WP orang pribadi sampai Rp1,81 triliun, dengan tebusan terendah dari WP orang pribadi adalah Rp540," ujar Sri Mulyani, di Kemenkeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2016).

Baca: Hingga 12 Oktober, Uang Tebusan Amnesti Pajak Rp93,49 Triliun

Untuk wajib pajak badan, Sri Mulyani menyebut, tebusan paling besar adalah Rp171 miliar. Sementara uang tebusan yang paling kecil yang dibayarkan dari WP badan sebesar Rp40.


Ilustrasi (MI/Galih Pradipta)

Meski demikian, Menkeu menilai jika keikutsertaan masyarakat dalam amnesti pajak bukan ditentukan besar atau kecilnya harta yang dilaporkan. Sebab, menurut dia, program ini dijalankan untuk mendorong kepatuhan wajib pajak.

"Jangan dilihat dari hartanya yang kecil. Mau sekecil atau sebesar apa maka ikut amnesti pajak adalah suatu hijrah ke era kepatuhan yang baik," pungkas dia.

 


(ABD)