Reformasi Perpajakan Harus Dimulai dari Pemuda

Husen Miftahudin    •    Selasa, 14 Mar 2017 19:29 WIB
perpajakan
Reformasi Perpajakan Harus Dimulai dari Pemuda
Anggota DPR Fraksi Golkar M Misbakhun. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Momentum amnesti pajak sebagai program pemerintah dalam meningkatkan ketaatan pajak masyarakat Indonesia dinilai harus dimulai dari pemuda. Pasalnya, pemuda merupakan tulang punggung yang tidak bisa dilepaskan dari suksesnya perjalanan bangsa.

Anggota Komisi XI DPR RI Muhamad Misbakhun menyebut, program amnesti pajak yang ditelurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan upaya pemerintah dalam mereformasi perpajakan. Penerimaan pajak sendiri digunakan pemerintah dalam membangun infrastruktur demi mensejahterahkan masyarakat.

"Saya mengajak kaum muda yang berhimpun pada Kaukus Muda Indonesia (KMI) bisa menjadi bagian dari sejarah suksesnya perjalanan bangsa ini lewat momentum tax amnesty," ujar Misbakhun dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa 14 Maret 2017.

Dia mengaku, penerimaan pajak yang rendah pada 2015 karena situasi ekonomi tengah mengalami kelesuan. Namun pada 2016, adalah momentum paling tepat untuk pembenahan dari segala sisi dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh di sektor perpajakan.

"Animo masyarakat ikut tax amnesty adalah momentum paling penting kembalinya kepercayaan rakyat kepada negara, dan kepercayaan wajib pajak kepada negara," tegas politisi Golkar itu.

Menurutnya bila semua orang merasakan pentingnya pajak, maka dirinya yakin orang-orang akan dengan sadar mendukung penerimaan pajak demi kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, reformasi perpajakan harus didukung oleh semua kalangan.

"Mari kita berikan dukungan sekecil apapun pajak yang kita bayarkan untuk menyejahterakan rakyat," pungkas Misbakhun.

Seperti diketahui, jumlah nilai pernyataan harta yang disampaikan para wajib pajak dalam program amnesti pajak hingga Selasa 14 Maret 2017 terpantau menembus Rp4.499 triliun. Dari angka tersebut, nilai deklarasi dalam negeri mendominasi peraihan dengan Rp3.335 triliun, sedangkan nilai repatriasi harta mencapai Rp145 triliun.


(AHL)

Menkeu: Level Utang Indonesia Masih Aman

Menkeu: Level Utang Indonesia Masih Aman

24 minutes Ago

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan kondisi utang Indonesia masih di level aman jika diband…

BERITA LAINNYA