Semester II, Menkeu Optimistis Investasi Kembali Tumbuh 7%

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 07 Aug 2018 19:37 WIB
investasi
Semester II, Menkeu Optimistis Investasi Kembali Tumbuh 7%
Menkeu Sri Mulyani. (MI/Permana).

Jakarta: Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis pertumbuhan investasi untuk semester II akan kembali mencapai level tujuh persen. Apalagi pada kuartal II, pertumbuhan pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi tercatat hanya 5,87 persen.

"?Kami harapkan semester II ini pertumbuhan investasi terjaga mendekati tujuh persen," kata Sri Mulyani ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta Timur, Selasa, 7 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan, sejumlah faktor pendorong investasi sudah bergerak ke arah yang baik saat ini. Misalnya saja impor bahan baku dan modal di luar alat-alat militer, yang mengalami pertumbuhan sehingga diharapkan bisa mendorong pertumbuhan investasi ke depannya.

Selain itu, pertumbuhan kredit perbankan juga telah mencapai 10 persen dari sebelumnya hanya sekitar tujuh hingga delapan persen. Membaiknya pertumbuhan kredit perbankan juga didukung oleh rasio kredit bermasalah (NPL) yang terkendali.

"Kalau kita lihat komoditas harganya juga sudah mulai meningkat lagi. Barangkali otomotif yang masih lemah dan juga kimia karena konten impornya masih tinggi, tapi industri lain seperti makanan, pakaian, tekstil, cukup tinggi," jelas dia.

Dengan demikian, Sri Mulyani merasa yakin momentum pertumbuhan ekonomi di semester II juga akan terjaga dengan baik. Namun dirinya tetap mewaspadai adanya perubahan global karena ketegangan perdagangan maupun kebijakan moneter.

"Jadi overall kita tetap optimistis momentumnya akan tetap terjaga, tapi tentu ktia semua juga harus tingkatkan kewaspadaaan karena lingkungan juga berubah dan perubahan itu harus direspon dengan baik dan cermat oleh kita semua," pungkasnya.

 


(SAW)