BI: Inflasi di Minggu Kedua Juni Capai 0,5%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 16 Jun 2017 14:21 WIB
inflasibank indonesia
BI: Inflasi di Minggu Kedua Juni Capai 0,5%
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat tingkat Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi hingga minggu kedua Juni sebesar 0,5 persen secara month to month (mtm). Sedangkan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau year on year (yoy) inflasi tercatat sebesar 4,17 persen.

"Kami harap inflasi masih seperti survei kami terkahir di 4,17 persen yoy Juni tapi minggu kedua. Bulan lalu kan 4,33 persen yoy," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo, di Kompleks Perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, hasil survei menunjukan jika ada perbaikan inflasi sepanjang tahun ini dari prediksi sebelumnya. Jika diperkirakan inflasi 2017 bisa mencapai 4,63 persen, kini bank sentral memprediksi inflasi bisa lebih rendah di level 4,36 persen.

"Kami menghargai upaya yang dikakuakn pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menjaga inflasi. Inflasi yang kami kaji dua hari lalu kami evauasi dan kami yakin infalsi dalam keadaan aman karena pasokan barang di seluruh Indonesia terjaga," jelas dia.

Selain itu, Agus meyakini, jika inflasi selama Ramadan hingga menjelang Lebaran tetap terjaga dengan baik. Dengan demikian, tekanan terhadap perhitungan inflasi sepanjang tahun ini akan sesuai target yaitu empat plus minus satu persen.

"Dan kami yakin inflasi Ramadan dan hari besar keagamaan (Idul Fitri) akan terjaga. Kami yakin seluruh pemangku kepentingan, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kepolisian semua menjaga. Kami lihat inflasi terjaga, pasokan terjaga, distribusi terjaga," pungkasnya

 


(ABD)