Sri Mulyani: Rasio Pajak Rendah Akibat Banyak WP tak Laporkan Harta

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 20 Sep 2016 19:29 WIB
tax amnesty
Sri Mulyani: Rasio Pajak Rendah Akibat Banyak WP tak Laporkan Harta
illustrasi Pajak (FOTO ANTARA/Arief Priyono).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui dalam beberapa dekade terakhir, penerimaan pajak nasional belum optimal dan bisa dibilang tak menggembirakan.

Hal tersebut bisa dilihat dari rasio pajak terhadap produk domestik bruto (PDB) atau disebut tax ratio yang semakin menurun dan bahkan lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.

Dirinya menyebutkan pada 2012, tax ratio Indonesia tercatat 11,89 persen, sementara negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand masing-masing tercatat 15,6 persen, 13,85 persen, 12,89 persen dan 15,54 persen.

"Rendahnya tax ratio Indonesia karena masih banyak wajib pajak (WP) yang tidak melaporkan harta mereka," kata Ani dalam sidang perdana gugatan tax amnesty di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016).

Hal itu pula yang menjadi satu alasan  mengapa perlunya bagi pemerintah menerapkan tax amnesty. Menurut dia, rendahnya kepatuhan wajib pajak  memang membuat tax ratio kecil. Ini ditunjukkan dari data pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak.

"WP yang miliki SPT 18 juta, realisasi yang lapor SPT 10,8 juta tahun lalu atau hanya sekitar 60 persen, itu masih sangat kecil. Masih ada WP yang belum sampaikan SPT," pungkas dia.



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA