Materi Kesadaran Pajak Resmi jadi Mata Kuliah Umum di Perguruan Tinggi

Desi Angriani    •    Jumat, 11 Aug 2017 19:52 WIB
pajak
Materi Kesadaran Pajak Resmi jadi Mata Kuliah Umum di Perguruan Tinggi
Ilustrasi. (FOTO: Antara/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti mengeluarkan kebijakan penerapan dan pengutamaan edukasi kesadaran pajak pada pendidikan tinggi. Materi kesadaran pajak resmi menjadi mata kuliah umum wajib di semua perguruan tinggi mulai 2017.

Peresmian ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pajak berutur yang diselenggrakan secara serentak pada Jumat 11 Agustus dan diikuti lebih dari 137.459 pelajar mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

"Selanjutnya dalam waktu dekat, akan dilaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis materi kesadaran pajak kepada para dosen dan guru serta pegawai di masing-masing instansi yang terlibat dalam program pembelajaran kesadaran pajak," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Mar'ie Muhammad Ditjen Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Sri meyakini masuknya  prgram sadar pajak dalam sistem pendidikan nasional akan menumbuhkan kesadaran membayar pajak sejak dini. Sebab pajak sebagai instrumen fiskal pemerintah digunakan untuk pembiayaan pendidikan nasional, pelayanan kesehatan, pengentasan kemiskinan hingga pembangunan infrastruktur.

"Kalau warga tak berkontribusi negara tak punya sumber pendapatan, kalau kalian ingin memiliki negara keren itu tak datang dengan sendirinya itu hasil kerja keras rakyat lewat pajak dan juga jerih payah para pejuang buat negara merdeka," imbuhnya.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyambut baik inisiatif Ditjen Pajak yang manfaatnya akan dirasakan puluhan tahun ke depan.

"Kita perlu melibatkan Kementerian terkait, Bupati, Wali Kota untuk mewujudkan kerja sama ini. Jadi harus sukses, jangan cuma seremoni saja. Karena ini anggaran pendidikan berasal dari pajak juga, kalau kita tidak bekerja keras, nanti dipotong sama Bu Menkeu," pungkas dia.


(AHL)