Kepatuhan Meningkat, Jumlah WP yang Lapor SPT Tembus 4,5 Juta

Suci Sedya Utami    •    Senin, 12 Mar 2018 20:01 WIB
Kepatuhan Meningkat, Jumlah WP yang Lapor SPT Tembus 4,5 Juta
Pajak (ANT/Arief Priyono).

Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat jumlah wajib pajak yang telah lapor surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan (SPT) tahunan wajib pajak orang pribadi hingga pagi tadi mencapai 4,528 juta.

Direktur Penyuluhan Pekayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan nominal tersebut mengalami pertumbuhan apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal ini bisa diartikan sebagai peningkatan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak.

"43,3 persen lebih banyak dari tahun lalu yang sekitar 3,182 juta," kata Hestu pada Medcom.id, Jakarta, Senin, 12 Maret 2018.

Hestu mengatakan, mayoritas WP menyampaikan data melalui elektronik. Dia mengungkapkan sebanyak 3,360 juta WP menyampaikan melalui e-filing dan e-form.

Tahun ini, wajib pajak yang wajib menyampaikan SPT berjumlah 18 juta orang. Namun, DJP menargetkan sebesar 80 persen dari jumlah tersebut yang menyampaikan SPT tahun ini atau sekitar 14,4 juta.

Hestu mengatakan banyak upaya yang dilakukan jajaran pajak untuk menggaet target tersebut. Dia bilang, para kantor wilayah (Kanwil) pajak dan kantor pelayanan pajak (KPP) terus bergerak untuk mensosialisasika dan memberikan bimbingan pengiian SPT tahunan terutama melalui e-filing.

"Kita juga meningkatkan pelayanan di KPP dengan membentuk satuan tugas penerimaan SPT sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Kami juga akan membuat pojok-pojok pajak di mall atau tempat lainnya untuk memperluas layanan," jelas dia.

 
(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

6 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA