26 Proyek Strategis Nasional Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Andhika Prasetyo    •    Kamis, 06 Sep 2018 13:14 WIB
proyek strategis nasional
26 Proyek Strategis Nasional Ditargetkan Selesai Tahun Ini
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Basuki Hadimuljono. Foto: MI/Panca.

Jakarta: Pemerintah menargetkan sebanyak 26 Proyek Strategis Nasional (PSN) selesai tahun ini. Sebab, Ketersediaan infrastruktur sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil-hasil pembangunan di Indonesia.
 
"Tidak ada kegiatan pembangunan baru pada 2019 yang menggunakan anggaran tahun jamak, kecuali pembangunan bendungan dan irigasi. Kita harapkan tidak ada proyek yang mangkrak di tengah jalan, termasuk PSN. Seluruhnya dilanjutkan sesuai perencanaan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 6 September 2018.

26 proyek yang ditargetkan rampung akhir tahun ini adalah delapan bendungan, tiga jaringan irigasi, 12 jalan tol, dan tiga perumahan.
 
Seperti diketahui, dalam Perpres No. 56 Tahun 2018 yang yang merupakan perubahan kedua Perpres No. 3 Tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN, dari 227 PSN, 137 di antaranya berada di bawah tanggung jawab PU-Pera.

Baca: Pemerintah Ajak Swasta Terlibat Biayai PSN

Proyek itu terdiri dari 51 pembangunan bendungan, enam konstruksi irigasi, satu proyek tanggul laut, 64 infrastruktur jalan tol, empat jalan nasional, tujuh proyek air minum dan sanitasi, dan tiga pengembangan perumahan.
 
Beberapa PSN bidang PU-Pera yang sudah selesai ialah pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Nanga Badau dan Wini, Bendungan Raknamo di NTT dan Tanju di NTB, Daerah Irigasi Umpu Sistem, ruas tol Soreang-Pasir Koja (11 km), Kertosono-Mojokerto (40,5 km), Mojokerto-Surabaya (36,3 km), Pejagan-Pemalang (43 km), dan Akses Tanjung Priok (16,7 km).




(FZN)