Sidang Pertama Gugatan Tax Amnesty Digelar Siang Ini

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 20 Sep 2016 11:39 WIB
tax amnesty
Sidang Pertama Gugatan <i>Tax Amnesty</i> Digelar Siang Ini
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MTVN/Wahyu A. Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menggelar sidang pertama terkait gugatan uji materi atau judicial review Undang-Undang pengampunan pajak atau tax amnesty pada Selasa siang 20 September pukul 14.00 WIB.

Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai pihak yang ditunjuk untuk mengkoordinasikan tim yang dibentuk guna menangani gugatan tersebut mengatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dijadwalkan hadir untuk mewakili pihak Pemerintah.

"Ya Kementerian Keuangan lah yang akan menyiapkan itu, karena itu langsung di bawah Kementerian Keuangan," kata Darmin di katornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016).

Mantan Dirjen Pajak ini menyatakan sikap Pemerintah masih sama, menganggap bahwa tak ada pertentangan UU tax amnesty dengan UUD 1945 atau UU lainnya. "Ya pemerintah tidak melihat ada pertentangan dengan Undang-Undang Dasar. Apa masalahnya?" tutur dia.

Sebelumnya, 13 Juli 2016, Yayasan Satu Keadilan (YSK) dan Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) mendaftarkan gugatan terhadap UU tax amnesty ke Mahkamah Konstitusi. Gugatan itu diterima dengan nomor pendaftaran No.158-0/PAN.MK/VII/2016.

Ketua YSK Sugeng Teguh Santoso menjelaskan, ada beberapa pasal yang diminta untuk diuji materikan  (judicial review) oleh Mahkamah Konstitusi. Pasal itu antara lain, pasal 1 ayat 1 dan 7, pasal 3 ayat (1), (3) dan (5), pasal 4, pasal 11 ayat (2) dan (3), pasal 19, pasal 21, pasal 22, dan pasal 23.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA