Peserta Program Tax Amnestyakan Mulai Ramai di Periode ke II

Arif Wicaksono    •    Senin, 19 Sep 2016 15:37 WIB
tax amnesty
Peserta Program <i> Tax Amnesty</i>akan Mulai Ramai di Periode ke II
Ilustrasi pajak. FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Pajak Danny Darussalam Tax Center Darussalam memprediksi peserta pengampunan pajak akan semakin meningkat di periode ke II. Semakin banyak wajib pajak mengetahui manfaat, maka akan semakin besar niat mereka mengikuti program itu. 

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Minggu, 18 September, jumlah tebusan yang didapatkan dari program tax amnesty mencapai Rp16,5 triliun atau hanya mencapai 10 persen dari target dalam program ini. 

"Saya kira akan berlanjut ke periode ke II jika mereka mengetahui manfaatnya karena mereka cenderung melihat kepada manfaat yang akan didapatkan jika ikuti program ini," kata dia ketika dihubungi, di Jakarta, Senin (19/9/2016).

Dia mengatakan bahwa niat itu sudah mulai terlihat dari banyaknya pengusaha besar yang mengajukan program ini di periode pertama. Pengusaha lainnya akan mencatat asetnya secara terperinci untuk kemudian diserahkan ke negara melalui program pengampunan ini. 

"Mereka tak melihat perbedaan besaran tarif tebusan yang berbeda satu persen dengan periode kedua, karena besarnya tetap jauh dibandingkan dengan denda jika mengemplang pajak. Saya melihat ada kemungkinan target itu akan tercapai  dalam masa yang cukup panjang ini," tegas dia.

Program tax amnesty akan berlangsung dari Juli 2016 hingga akhir Maret 2017. Program ini terjadi dalam tiga periode. Periode pertama dari Juli-September 2016 merupakan periode dengan tarif tebusan terendah dengan dua persen untuk deklarasi dalam negeri dan empat persen untuk luar negeri.

Periode kedua yakni 1 Oktober sampai dengan akhir Desember 2016 merupakan periode dengan tebusan 3 persen untuk deklarasi dalam negeri dan enam persen untuk luar negeri. Periode terakhir dari 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017 dengan tarif tebusan 5 persen untuk deklarasi dalam negeri dan 10 persen untuk luar negeri. 




(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA