Demi Perbaiki Kualitas Layanan

Setoran Negara dari Pungutan BLU Naik

Suci Sedya Utami    •    Senin, 04 Dec 2017 20:53 WIB
apbn
Setoran Negara dari Pungutan BLU Naik
Menteri Keuangan Sri Mulyani (AFP PHOTO/PRAKASH SINGH).

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan dalam lima tahun terakhir, target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pungutan Badan Layanan Umum (BLU) mengalami peningkatan yang signifikan.

Dia bilang ada kenaikan 60 persen dari Rp21,7 triliun di 2012 menjadi Rp38,5 triliun pada 2017. Meski mengalami kenaikan, Ani sapaan akrabnya mengatakan bukan karena pemerintah melalui BLU ingin mendapat keuntungan melainkan untuk memperbaiki kualitas layanan.

"Saya terus wanti-wanti memberikan perhatian bahwa PNBP termasuk dari BLU bukan tujuannya mendapat keuntungan. Namun memberikan pelayanan yang terbaik dan sustainable," kata Ani dalam acara Rapat Koordinasi BLU Bidang Layanan Kesehatan 2017 di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 4 Desember 2017.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan pendapatan BLU yang mengalami peningkatan ini harus bisa menambah perbaikan kualitas layanan.

Lebih jauh, dia menyoroti keluhan di daerah terkait BLU di bidang kesehatan dalam hal ini rumah sakit milik pemerintah (RSUD) yang berada di bawah Dinas Kesehatan Daerah banyak melakukan fraud atau penipuan.

"Itu kajahatan yang jahat banget, bisa melalui apa yang disebut pemberian bill atau tagihan yang terlampau besar bahkan korupsi pada level implementasi di BLU, pengadaan alkes, sampai dengan obat-obatan," jelas dia.


(SAW)