189 Negara dan 20 Ribu Delegasi akan Hadiri IMF-WB Indonesia

Desi Angriani    •    Jumat, 09 Feb 2018 17:52 WIB
imf-world bank
189 Negara dan 20 Ribu Delegasi akan Hadiri IMF-WB Indonesia
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Indonesia akhirnya terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018. Even besar tersebut akan diselenggarakan di Bali pada 12-14 Oktober.

Sebanyak 20 ribu delegasi yang terdiri dari Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor privat, NGOs, akademisi, dan media akan hadir dan memeriahkan pertemuan tahunan tersebut.

Saat ini total ada 189 negara anggota IMF meliputi Indonesia, Amerika Serikat, Inggris Raya, Uni Eropa, Mesir, India, Pakistan, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, Lebanon, Turki, Somalia, Pantai Gading, Kamerun, Kenya, Uni Emirat Arab, Yordania, Israel, Mongolia, Vanuatu, dan lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IMF pertama dibentuk sejak 1944 guna menata ulang sistem pembayaran internasional. Negara anggota IMF menyumbangkan dana cadangan menggunakan sistem kuota. Dana cadangan tersebut dapat dipinjam oleh negara-negara yang mengalami kesulitan dalam neraca pembayarannya.

Press Secretary External and Corporate Relations World Bank David M Theis mengatakan pertemuan tahunan IMF-WB digelar untuk mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta isu-isu terkini, pengurangan kemiskinan, pembangunan ekonomi internasional, dan isu global lainnya.

"Semua membahas tantangan ekonomi dan pembangunan dunia ke depan, even ini lebih menarik ada akademisi dan lembaga pemerintah semua terlibat," katanya di Century Park Hotel,  Jakarta, Jumat, 9 Februari 2018.

Adapun pertemuan tersebut terdiri dari beberapa agenda yang meliputi IMF-WB Plenary Session, International Monetary and Financial Committee (IMFC) Meeting, World Bank Development Committee, Pertemuan Grup Kerja sama Ekonomi Lainnya (G-20, G-24, MENA, Commonwealth, BRICS, IIF, WEF), Pertemuan Sektor Perbankan dan Riil Lainnya, Seminar dan International Conference serta Konferensi Pers.

 


(AHL)