Penerimaan Pajak Capai Rp1.148,7 Triliun hingga November 2017

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 30 Nov 2017 15:42 WIB
pajakekonomi indonesiaapbn 2017
Penerimaan Pajak Capai Rp1.148,7 Triliun hingga November 2017
Dirjen Pajak Kemenkeu Ken Dwijugiasteadi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penerimaan pajak hingga November 2017 mencapai 78 persen atau sebesar Rp1.148,7 triliun dari target yang sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) sebesar Rp1.472,7 triliun.

Dirjen Pajak Kemenkeu Ken Dwijugiasteadi mengatakan, untuk November saja, penerimaan pajak ditargetkan mencapai sebesar Rp126 triliun dan yang terealisasi baru sebesar Rp114 triliun. "Sampai tadi pagi Rp114 triliun. Mudah-mudahan nanti sampai pukul 23.59 WIB akan bertambah," kata Ken, di Kantor Pusat DJP, Jakarta Selatan, Kamis, 30 November 2017.

Namun, lanjut Ken, realisasi penerimaan pajak sebesar Rp114 triliun belum memasukkan setoran pajak yang telah dibayarkan Google Asia Pacific Pte Ltd  hari ini. Sedangkan target penerimaan pajak yang ditetapkan DJP Kemenkeu hanya di November sebesar Rp126 triliun, kata Ken, merupakan perhitungan secara keseluruhan termasuk pajak Google didalamnya.



Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak DJP Yon Arsal menambahkan, secara kumulatif hingga November, realisasi penerimaan pajak saat ini lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu lantaran ada pertumbuhan penerimaan.

"Tahun lalu di periode yang sama itu 71 persen, sekarang 78 persen, cukup bagus," kata Yon, kepada Metrotvnews.com.

Yon menegaskan DJP Kemenkeu akan berupaya untuk mencapai target meski diakui berdasarkan capaian sebelumnya tak akan mencapai 100 persen. Namun demikian, dirinya masih menghitung perkiraan yang bisa dicapai sampai akhir tahun.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA