Gubernur BI Berharap Defisit Anggaran tak Lebih dari 2,67%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 07 Jul 2017 16:33 WIB
defisit anggaran
Gubernur BI Berharap Defisit Anggaran tak Lebih dari 2,67%
Ilustrasi Bank Indonesia. (FOTO: MI/Usman Iskandar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) berharap pemerintah tetap bisa menjaga defisit anggaran tak lebih dari 2,67 persen. Level tersebut masih di bawah batas aman yang dipatok yakni tak lebih dari tiga persen.

"Kalau tadinya (defisit anggaran) 2,4 persen lalu jadi 2,6 persen itu pengelolaan yang sehat. Kami akan jaga ekonomi yang sehat," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 7 Juli 2017.

Agus memperkirakan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 antara pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan berjalan baik. Dengan begitu target yang ditetapkan akan bisa direalisasikan oleh pemerintah.

Lebih lanjut, BI menilai jika pemerintah melakukan penghematan maka dimaksudkan agar fiskal menjadi lebih sehat dan dimaksudkan agar anggaran lebih efisien. Pasalnya Agus menilai selama ini realisasi anggaran tidak akan mencapai target penuh hanya sekira 90-an persen.

"Kami ikuti kalau ada kebijakan fiskal seperti itu, kami merasa itu disiplin fiskal yang baik. Kami lihat pemerintah sehatkan fiskal khususnya penerimaan negara dilakukan lebih optimal dan upaya pengelolaan defisit fiskal di batas sehat dan manajemen sehat yang sehat," jelas dia.

Sementara itu secara keseluruhan, BI menilai jika kondisi ekonomi Indonesia menunjukkan pencapaian yang baik. Bahkan sejumlah indikator dinilai sesaui dengan target yang ditetapkan, serta telah mendapat aprsesiasi dari berbagai lembaga internasional.

"Ditandai dengan belum lama ini Indonesia peroleh investment grade oleh S&P. S&P percaya pengelolaan fiskal Indonesia lebih baik dan merekomendasikan agar pengelolaan fiskal ini lebih baik ke depan. Kalau pemerintah self blocking itu juga untuk yakinkan defisit budget tidak melebihi batas," pungkasnya.

 


(AHL)