Pajak Bertutur, Edukasi Peran Pajak Sejak Dini

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 11 Aug 2017 14:47 WIB
pajak
Pajak Bertutur, Edukasi Peran Pajak Sejak Dini
Kemenkeu gelar pajak bertutur di seluruh Indonesia. (FOTO: MTVN/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan RI menggelar program Pajak Bertutur secara serentak di 2.000 lembaga baik SD, SMP, SMA, dan Universitas di seluruh Indonesia. Program yang digelar hanya satu jam tersebut bertujuan menanamkan sejak dini akan pentingnya peran pajak disektor pembangunan.

"Serentak di 2.000 sekolah SD sampai SMA dan Universitas dengan targetan 120 ribu siswa atau mahasiswa," kata Kepala Kantor Pelayan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Barat, Andi Wahyu Mulyadi saat membuka Pajak Bertutur di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo, Jumat, 11 Agustus 2017.

Program ini bertujuan untuk menanamkan sejak dini akan pentingnya peran pajak bagi pembangunan maupun kehidupan sehari-hari. Dengan harapan, saat menjadi wajib pajak (WP), mereka akan menjadi WP yang patuh.

"Sengaja kami sosialisasi Pajak Bertutur di sekolah ini karena siswanya banyak. Sehingga memudahkan untuk mengedukasi tentang pajak ini kepada mereka," jelasnya.

Di Sidoarjo Barat sendiri, lanjut Andi, jika dilihat dari segi kepatuhan wajib pajak mencapai di atas 75 persen. Sedangkan penerimaan mencapai 52 persen dengan tingkat pertumbuhan mencapai 32 persen.


Edukasi Pajak Bertutur.

"Segi pembayarannya cukup meningkat. Target kami Rp791 miliar, dan sekarang sudah mencapai Rp410 miliar. Semoga dengan adanya program baru ini bisa meningkatkan pertumbuhan dalam mengumpulkan dana untuk pembangunan," kata dia.

Sementara, salah satu siswa SMA Wachid Hasyim 2 Taman, Sidoarjo, Tegar Aji Satria mengungkapkan rasa senangnya, karena bisa mendapatkan pelajaran tambahan (edukasi) tentang pajak. "Baru tahu kali ini tentang pajak. Ternyata, pajak juga berpengaruh pada pertumbuhan pembangunan," tambah Tegar yang duduk dikelas X MIPA 1.

Usai mendapat edukasi tersebut, dia semakin paham akan pentingnya peran pajak terhadap pembangunan. Bahkan, jika pajak terkendala, maka yang ada hanyalah utang negara yang menumpuk.

"Dengan begini, ketika besar nanti kita harus patuh untuk membayar pajak. Sehingga bisa mengurangi utang-utang negara yang ada saat ini," singkatnya.


(AHL)