Butet Kertaradjasa Minta DJP Beri Akses Bukti Potong ke Pelaku Seni

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 14 Sep 2017 08:43 WIB
pajak profesi
Butet Kertaradjasa Minta DJP Beri Akses Bukti Potong ke Pelaku Seni
Pekerja seni Butet Kertaradjasa. (FOTO: MI/FURQON ULYA HIMAWAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seniman senior Tanah Air, Butet Kertaradjasa mengeluhkan permasalahan bukti potong yang jarang sekali diberikan oleh pada pemberi kerja.

Dalam bincang pajak bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Butet meminta agar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) juga membantu untuk meringankan beban pajak dengan mengizinkan mereka sebagai wajib pajak bisa mengakses bukti potong.

"Mohon pada Pak Ken (Dirjen Pajak) kalau bisa agar terbuka institusinya itu, kan kalau kantor pajak pasti dapat juga bukti potong dari yang memungut. Kami kadang-kadang amburadul, enggak urusan, ada EO yang mengundang setor pajak tapi bukti potong enggak ada, sekarang sudah enggak ketemu lagi," kata Butet di kantor pusat DJP, Jakarta Selatan, Rabu malam 13 September 2017.

Seniman peran ini mengatakan, seringkali karena bukti potong yang tidak diberikan mereka harus merevisi laporan SPT-nya di bulan-bulan berikutnya yang terkadang dianggap ada kurang bayar dan sebagainya.

Padahal, lanajut Butet, pendapatan yang mereka dapatkan pun kadang sudah tak jelas bentuknya, atau dengan kata lain uang hasil kerja telah habis digunakan, tapi ternyata masih harus membereskan pajak yang dianggap belum tuntas.

"Boleh enggak saat kami isi SPT kami akses juga data bukti potong, supaya kami enggak revisi terus, sering kami dianggap enggak lengkap bukti potongnya. Kalau pajak bisa membuka bukti potong ini agak lumayan mengentengkan kami. Saya yakin kantor pajak sistem ppembukuannya sangat baik," jelas dia.

 


(AHL)