Pemerintah Tingkatkan Penerimaan Pajak dan Investasi

   •    Jumat, 21 Apr 2017 09:57 WIB
pajak
Pemerintah Tingkatkan Penerimaan Pajak dan Investasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia gencar mendorong pertumbuhan ekonomi. Berbagai program dijalankan, mulai amnesti pajak hingga peningkatan investasi.

Hal itu dipaparkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam seminar yang diselenggarakan The United Stated-Indonesia Society (Usindo) di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis 20 April waktu Indonesia.

Dalam paparan yang disiarkan secara live streaming di akun Facebook Kementerian Keuangan RI itu, Sri mengakui ada keterbatasan anggaran belanja. Oleh karena itu, kata dia, diperlukan inovasi, dinamika, dan keterlibatan sektor swasta untuk menggerakkan roda perekonomian.

Meski, menurutnya, tantangan utamanya ialah bagaimana mendorong investasi masuk ke Indonesia.

Menurut Sri, pemerintah terus memperbaiki kemudahan investasi swasta di Indonesia. Sejauh ini kebijakan yang diambil dalam beberapa tahun terakhir sudah jauh lebih terbuka, terutama terhadap investasi asing.




"Posisi ease doing business (kemudahan berbisnis) RI melonjak karena pemerintah berbenah diri untuk menarik investor," jelas Sri.

Selain kemudahan berbisnis, kata dia, pemerintah juga terus meningkatkan pendapatan pajak. Oleh karena itu, reformasi perpajakan menjadi salah satu agenda prioritas yang terus dilakukan.

Dalam kesempatan tersebut, Sri menceritakan program reformasi perpajakan dimulai dengan pelaksanaan program amnesti pajak dengan memberikan kesempatan bagi para wajib pajak mendeklarasikan harta, baik di dalam maupun di luar negeri, serta melakukan repatriasi dana kembali ke Indonesia.




Dalam kesempatan berbeda, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan pihaknya akan menurunkan tim kecil ke India guna menarik investasi di sektor energi dari negeri tersebut.

"Saya akan meminta mereka bicara dengan operator India supaya kerja sama ini benar terjadi. Mudah-mudahan menguntungkan," ujar Jonan di Jakarta, kemarin.

Menteri ESDM menilai banyak potensi kerja sama yang akan digarap antara Indonesia dan India. (Media Indonesia)


(AHL)