BI: Inflasi Pekan Pertama Juli 0,32%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 07 Jul 2017 15:51 WIB
inflasi
BI: Inflasi Pekan Pertama Juli 0,32%
Gubernur BI Agus Martowardojo. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebutkan jika survei pekan pertama Juli menunjukkan inflasi sebesar 0,32 persen. Secara year on year (yoy) inflasi tercatat sebesar 3,98 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, inflasi pada pekan pertama Juli masih terkendai. Menurutnya sumber inflasi masih sama seperti bulan lalu yang terdapat momen Ramadan dan Idulfitri.

"Secara umum sumber infalsi masih sama yaitu angkutan udara, angkutan antar kota dan beberapa komoditi pangan," kata dia di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 7 Juli 2017.

Baca: Puasa-Lebaran 2017 Sumbang Inflasi 1,08%

Meski begitu, Agus optimistis jika inflasi masih bisa terkendali dan tidak membuat lonjakan. Hal ini tak lepas dari usainya momen Ramadan dan Idulfitri yang biasanya membuat inflasi cukup tinggi.

"Tapi sudah lewatnya Lebaran itu angkutan udara dan angkutan antar kota akan terkoreksi kembali. Kami harap inflasi jauh terkendali," jelas dia.

Secara keseluruhan bank sentral masih meyakini jika inflasi akan sesuai dengan target yang dipasang. Setidaknya tahun ini inflasi akan dijaga di level empat plus minus satu persen.

 


(AHL)