Bersama Presiden, ISEI Bahas Produktivitas Perekonomian Nasional

Desi Angriani    •    Senin, 21 Mar 2016 13:38 WIB
kongres isei
Bersama Presiden, ISEI Bahas Produktivitas Perekonomian Nasional
Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Muliaman Hadad. MI/MOHAMAD IRFAN.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Muliaman Hadad menjelaskan banyak persoalan yang menjadi perhatian para sarjana ekonomi dengan pemerintah.

Dia menjelaskan akan membahas upaya peningkatan efisiensi dan daya saing.  Terutama bagaimana menjamin produktivitas dari tenaga kerja, bagaimana peran teknologi, bagaimana faktor modal, tabungan, hingga akses keuangan. 

"Produktivitas perekonomian nasional terus membaik. Sehingga juga memberikan kepastian kepada semua," jelas Muliaman di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Mengenai permodalan, dia menjelaskan, pembahasan akan lebih kepada usaha meningkatkan  tabungan domestik. Bagaimana memanfaatkan foreign direct investment (FDI) yang akan meningkatkan rasio investasi dengan PDB yang masih berada pada 32 persen. 

"Kita ingin angka investasi ke rasio PDB kita bisa  kita alami kenaikan dengan beberapa kebijakan," jelas dia.

Muliaman yang juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut menjelaskan ada beberapa pilar penting yang menjadi perhatian presiden seperti keuangan, tenaga kerja dan kemudian pilar produksi lainnya seperti teknologi untuk meningkatkan produktivitas.

"Tadi secara khusus Presiden menambahkan isu pentingnya produktivitas tenaga kerja. Kemudian juga bagaimana meningkatkan keterampilan. Jadi tidak hanya kuantitas, tapi juga kualitas di tengah-tengah keterbukaan ekonomi," pungkasnya. 


(SAW)