BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Lebih Baik di Kuartal I-2017

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 17 Mar 2017 07:28 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Lebih Baik di Kuartal I-2017
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2017 akan lebih baik dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Pada kuartal IV-2016, ekonomi Indonesia tercatat tumbuh sebesar 4,94 persen.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo mengatakan, pertumbuhan ekonomi di awal tahun ini didorong oleh investasi yang meningkat. Di sisi lain tingkat konsumsi masih tinggi dan kinerja ekspor yang membaik.

"Investasi nonbangunan diperkirakan akan terus membaik tercermin dari berlanjutnya penjualan alat berat yang meningkat, serta penjualan semen yang mulai tumbuh positif," ujarnya, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 16 Maret 2017.

Dirinya menambahkan, perbaikan harga komoditas juga memberi andil terhadap perbaikan pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, tingkat konsumsi akan lebih baik seiring dengan pendapatan masyarakat khususnya yang bergerak di sektor sumber daya alam meningkat.

"Pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan tetap tinggi sebagaimana terindikasi dari penjualan ritel yang tumbuh stabil dan ekspektasi konsumen yang positif. Sementara itu, kontribusi pemerintah terhadap konsumsi dan investasi cenderung membaik," jelas dia.

Sementara itu, ekonomi global diprediksi tumbuh positif seiring perbaikan ekonomi di Amerika Serikat dan Tiongkok. Jika tidak ada gejolak berarti, BI meyakini jika kondisi ini akan meningkatkan permintaan terhadap sejumlah komoditas.

"Dari sisi eksternal, kinerja ekspor juga diperkirakan tetap meningkat seiring dengan kenaikan harga komoditas. Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan 2017, perekonomian Indonesia diperkirakan dapat tumbuh pada kisaran lima sampai dengan 5,4 persen (yoy)," pungkasnya.


(ABD)