PMK Pajak e-Commerce Memungkinkan Atur Besaran Tarif

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 07 Dec 2017 20:23 WIB
e-commerce
PMK Pajak <i>e-Commerce</i> Memungkinkan Atur Besaran Tarif
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Medcom/Suci.

Jakarta: Kementerian Keuangan melalui tiga eselon I di bawahnya yakni Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai, dan Badan Kebijakan Fiskal tengah merumuskan aturan pajak e-commerce dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kemungkinan PMK tersebut juga mengatur ketentuan tarif pajak selain juga mengatur tata cara pungutan pajak. Mengenai tata cara, sampai saat ini, Kemenkeu belum 'buka suara' terkait pihak yang bertindak untuk memungut.

"Kalau itu mungkin kombinasi dua (tarif dan tata cara), kita lihat nanti," kata Ani, sapaan akrabnya, usai rakor roadmap e-commerce di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Desember 2017.

Ani mengatakan PMK tersebut dibuat untuk mengatur level bermain yang sama antara usaha konvensional dengan digital dengan catatan memberi perlakuan lebih bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menerapkan tarif yang rendah.

"Bapak Presiden ingin supaya usaha kecil menengah tidak terlalu dibebani atau diringankan bebannya," tutur mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Peraturan Perpajakan I Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Arif Yanuar mengatakan pajak yang dikenakan bisa dalam bentuk pajak penghasilan (PPh) ataupun pajak pertambahan nilai (PPN).

Selain mengatur pajak e-commerce domestik, PMK tersebut nantinya juga mengatur perlakuan perdagangan digital lintas batas (crossborder).

Sebab, kata Ani, banyak merchant yang berasal dari luar dan mendatangkan barang-barangnya dari luar negeri namun tidak terkena perlakuan yang sama seperti jual beli dalam kegiatan impor secara resmi pada umumnya. Hal tersebut, kata Ani, jelas merugikan pelaku industri dalam negeri yang selama ini melakukan kewajiban perpajakannya dengan benar.

"Kita juga harus ada pemikiran bagaimana melindungi pelaku industri dalam negeri dan diberdayakan dan kemudian mereka disiapkan untuk bisa ikut di dalam platform yang lebih baik," jelas Ani.

 


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA