Strategi Indonesia jadi Negara Maju di 2045

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 08 Nov 2017 19:13 WIB
ekonomi indonesia
Strategi Indonesia jadi Negara Maju di 2045
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. ANT/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebut telah menyiapkan banyak strategi untuk mendorong Indonesia masuk sebagai negara maju di 2045 atau ketika Indonesia genap berumur 100 tahun.

"Nah kita melakukan banyak simulasi dalam persiapan memformulasikan rencana jangka panjang pada 2045 itu 100 tahun kemerdekaan kita," kata Bambang di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 8 November 2017.

Bambang menyebut salah satu yang wajib dilakukan untuk mengantarkan Indonesia sebagai negara maju adalah dengan mempertahankan pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya. Saat ini, pertumbuhan ekonomi sebesar lima persen per tahun. Angka ini seharusnya dipertahankan atau bahkan kalau bisa terus ditingkatkan.

"Pertumbuhan Indonesia sebesar lima persen setiap tahun rata-ratanya. Ini sampai 2045 kalau bisa konsisten mempertahankan rata-rata pertumbuhan per tahun lima persen, maka Indonesia akan naik kelas dari lower middle income country menjadi high income country di 2038 atau 2039," jelas dia.

Dengan begitu, Bambang menyebut maka di 2045 Indonesia akan masuk dalam daftar jajaran negara maju dan berpendapatan tinggi.

"Artinya, di 2045 Indonesia sudah menjadi negara kategori berpendapatan tinggi," imbuh dia.

Pada 2045, diperkirakan pendapatan per kapita Indonesia sudah mendekati USD20 ribu. Saat ini pendapatan per kapita masih sekitar USD3.600 per kapita. Oleh karena itu, semua pihak berkeinginan membawa Indonesia masuk ke dalam kategori negara berpendapatan tinggi.

"Saat ini Indonesia masih dalam kategori lower middle income country atau negara berpendapatan menengah ke bawah tapi ini bukan kondisi yang akan berlaku selamanya. Kita semua punya keinginan membawa Indonesia masuk ke dalam kategori high income country," tutup dia.

 


(SAW)