DJP Jatim 1 Peroleh Amnesti Pajak Capai Rp1 Triliun/Hari

Amaluddin    •    Kamis, 22 Sep 2016 13:25 WIB
tax amnesty
DJP Jatim 1 Peroleh Amnesti Pajak Capai Rp1 Triliun/Hari
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Surabaya: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur (Jatim) I Kota Surabaya menerima uang tebusan tax amnesty mencapai Rp1,48 triliun per hari.

"Sedangkan uang repatriasi atau uang yang dibawa ke dalam negeri, sampai sekarang sebanyak Rp3 triliun lebih," kata Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jatim I, Sofyan Hutajulu, seperti diberitakan Kamis (22/9/2016).

Tak hanya itu, jumlah uang deklarasi luar negeri juga terbilang fantastis, yakni mencapai Rp15,63 triliun. Sedangkan deklarasi dalam negeri mencapai Rp42,9 triliun. "Kalau ditotal harta deklarasi mencapai Rp61,5 triliun," jelasnya.

Dengan jumlah danatersebut, menurut Sofyan, DJP Jatim 1 sudah melebihi target penerimaan pajak dalam program ini yakni sebesar Rp44 triliun. Sofyan pun memprediksi jumlah dana tersebut akan terus bertambah hingga berakhirnya program tax amnesty periode pertama. "Program tax amnesty masih berlangsung hingga Maret 2017," tuturnya.

Sofyan mengimbau kepada wajib pajak (WP) untuk segera melapor ke kantor pelayanan pajak. Di mana pengampunan pajak yang digelar pemerintah ini dilaksanakan untuk membantu WP. Menurut dia, program ini bertujuan murni untuk membantu dan memudahkan WP, bukan sebagai alat untuk menjebak WP. Untuk itu, pihaknya akan terus gencar menyosialisasikan amnesti pajak ini terhadap masyarakat.

Sekadar diketahui, program amnesti pajak periode I dimulai 18 Juli hingga 30 September 2016 dengan uang tebusan hanya dua persen dari harta yang dilaporkan. Apabila wajib pajak ikut tax amnesty periode II (Oktober-Desember 2016), uang tebusan yang harus dibayar sebesar tiga persen. Serta periode III (Januari-Maret 2017) sebesar lima persen.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA