Meski Didemo, Kepercayaan Investor Global terhadap Jokowi Malah Menguat

Husen Miftahudin    •    Rabu, 30 Nov 2016 17:46 WIB
jokowi
Meski Didemo, Kepercayaan Investor Global terhadap Jokowi Malah Menguat
Presiden Joko Widodo saat dikelilingi pengusaha Tiongkok. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suhu politik nasional kini tengah memanas. Unjuk rasa yang beberapa kali dilakukan oleh ormas keagamaan ternyata tidak membuat kepercayaan investor terhadap Pemerintah Jokowi-JK melempem, yang terjadi justru malah menguat.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengakui, dalam pertemuannya dengan beberapa investor dunia, pria yang akrab disapa Tom itu terkejut. Karena semakin banyak demo, membuat kepercayaan investor malah semakin menguat.

Baca: Jokowi Klaim Kemudahan Investasi di Indonesia Naik Kelas

"Setelah dua tahun reformasi ekonomi dan dua tahun presiden keliling dunia, kepercayaan investor sekarang sudah sangat kuat. Malah surprise positif bagi saya, kelihatannya semakin banyak demo semakin kuat dukungan internasional pada Jokowi," ujar Tom dalam media briefing di Hotel Shangri-La, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Dia melanjutkan, dunia saat ini menganggap Jokowi terkenal sebagai pemimpin yang prorakyat, proinvestasi, dan propluralisme. Meski banyak didemo, namun dukungan mancanegara terhadap Jokowi juga semakin menguat.

"Sejauh ini reaksi investor malah positif. Ini menunjukan suatu kematangan politis kita karena bisa dialog secara terbuka, bahkan mengenai hal-hal sensitif," paparnya.

Sebenarnya pemerintah berpikir agar kondisi sosial dan politik nasional stabil. Namun sebagai negara yang menjunjung demokrasi, kebebasan seseorang terhadap hak untuk menyatakan pendapat di muka umum melalui unjuk rasa diberi keleluasaan.

"Saya berpikir investor akan (memandang) negatif (karena demo-demo). Tapi untuk sementara ini, dukungan pada Jokowi (malah tambah) kuat dengan demo dan peristiwa-peristiwa," tutup Tom.

 


(AHL)