Sri Mulyani: Investasi Kunci Utama Pertumbuhan Ekonomi 2018

Suci Sedya Utami    •    Senin, 11 Sep 2017 19:00 WIB
ekonomi indonesia
Sri Mulyani: Investasi Kunci Utama Pertumbuhan Ekonomi 2018
Menkeu Sri Mulyani. ANT/Akbar Nugroho Gumay.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan investasi menjadi kunci utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi tahun depan. Ani, sapaan akrabnya, mengatakan, bagi semua negara di dunia yang ekonominya tumbuh di atas lima persen, maka faktor penggeraknya di luar konsumsi yakni investasi.

"Lihat RRT, India tumbuh di atas 7 persen, growth investmentnya cuukup tinggi bisa double digits. Itu yang kita harapkan untuk momentum investasi seperti yang disampaikan Presiden," kata Ani dala rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Kompleks PParlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 11 September 2017.

Ani bilang, salah satu komponen investasi yang masuk dalam pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yakni penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN). Dirinya mengatakan PMA dan PMDN yang tercatat melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) minimalnya tumbuh 17-19 persen yakni dengan share di atas 14,5 persen pada PDB.

"Untuk menjaga iklim investasi, maka PMA dan PMDN diharapkan mampu untuk berkontribusi terhadap capital spending di perekonomian sebesar Rp769 triliun," ujar dia.

Selain PMA dan PMDN, ada juga investasi dalam bentuk portfolio di pasar saham yang diharapkan bisa menyumbang mencapai Rp855 triliun dengan adanya listing perusahaan. Dirinya melanjutkan, komponen investasi juga bisa datang melalui BUMN yang diharakan bisa membelanjakan modal (capex) mencapai Rp523 triliun.





(SAW)