Menkeu Ungkap Pendorong Konsumsi Terus Tumbuh di 2018

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Jan 2018 11:31 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiarapbn 2018
Menkeu Ungkap Pendorong Konsumsi Terus Tumbuh di 2018
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Jakarta: Pemerintah menilai tingkat konsumsi rumah tangga masih menjadi salah satu faktor utama penggerak pertumbuhan ekonomi di 2018 yang diasumsikan mencapai 5,4 persen, sejalan dengan ketetapan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Atas dasar itu konsumsi rumah tangga ditargetkan tumbuh 4,9-5 persen.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjabarkan sejumlah momen yang bakal menopang pertumbuhan konsumsi di tahun ini. Di kuartal pertama, kata dia, ada momen tahun baru yang membuat tingkat konsumsi bisa meningkat. Sedangkan di kuartal II yakni ada momen puasa dan hari raya Lebaran.

"Karena tahun ini lebarannya maju ke Juni ya," kata Ani, sapaan akrabnya, dalam dialog Makro dan Fiskal bersama Pengusaha, Pengamat dan Pimpinan Media, di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 8 Januari 2018.

Kemudian di kuartal ketiga ada perhelatan ajang olahraga internasional yakni Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. Di kuartal keempat bakal ada ajang internasional lainnya yakni pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia yang akan berlangsung di Bali.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, dua ajang internasional tersebut akan menambah momentum pergerakan konsumsi yang lebih tinggi "Sesudah Lebaran kita akan hiruk-pikuk dengan ajang ini (Asian Games dan pertemuan tahunan IMF Bank Dunia)," tutur Ani.

Lebih jauh, dia menambahkan, di kuartal ke IV sebenarnya akan ada tambahan momentum pendorong konsumsi dari persiapan pesta demokrasi terbesar yakni pilpres dan pileg di 2019 yang sama-sama akan digelar pada April.

"Jadi secara keseluruhan konsumsi masyarakat akan relatif positif dan saya harap semua berjalan dengan baik sehingga tetap aman walaupun kompetisi tapi tetap positif," pungkas dia.


(ABD)