Menkeu Lantik 2 Pejabat Ditjen Pajak

Angga Bratadharma    •    Selasa, 29 Nov 2016 12:52 WIB
kementerian keuanganditjen pajak
Menkeu Lantik 2 Pejabat Ditjen Pajak
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik dua pejabat Eselon II di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pelantikan dua pejabat ini diharapkan memberi dukungan positif terhadap kinerja Ditjen Pajak Kemenkeu di masa-masa yang akan datang.

Adapun pelantikan berlangsung di Aula Djuanda, Gedung Djuanda I, Kemenkeu, dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Sekretaris Jenderal (Sekjen), dan beberapa pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenkeu.

Kedua pejabat yang diambil sumpahnya adalah Peni Hirjanto sebagai Direktur Intelijen Perpajakan, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keberatan dan Banding dan Harry Gumelar sebagai Direktur Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Teknologi Informasi Perpajakan.

Baca: OTT Pajak Bikin Kredibilitas Kementerian Keuangan Ternodai

Dalam sambutannya, Ani, biasa ia disapa, mengatakan di sumpah jabatan sudah menggambarkan keseluruhan janji dalam menerima jabatan tersebut. Kalau disebut dari pasal yang pertama maupun yang keempat, nyata-nyata adalah sesuatu.

"Tidak boleh memberi apapun dalam bentuk apapun yang kita perkirakan bahwa dia berhubungan dengan pekerjaan kita. Tidak memberikan atau tidak menerima," tegas Ani, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Dalam kesempatan itu, Ani berkata kepada Harry Gumelar, bahwa dirinya sangat membutuhkan peranan Harry Gumelar dalam menjalankan tugas ini secara penuh tanpa kompromi. Menkeu juga mengatakan bahwa kultur Indonesia yang mengatakan silaturahmi, persaudaraan, pertemanan, solidaritas harus terus dijaga dan diperkuat.

Baca: Sri Mulyani akan Perketat Penempatan Pegawai Kemenkeu

"Namun wujudnya jangan ditempat yang salah. Wujudkan kepada suatu keinginan secara bahu membahu, menghormati fungsi masing-masing, mendukung, dan juga memperkuat apabila ada unit-unit yang diciptakan untuk mengawasi dan mendisiplinkan pegawai untuk menjadi yang lebih baik," kata Ani.

Kepada kedua Direktur yang dilantik, Menkeu berharap suatu komitmen untuk membangun kembali semangat dari seluruh jajaran Ditjen Pajak Kemenkeu yang saat ini sedang terluka oleh sikap oknum. Menkeu berpesan agar kedua Direktur dapat bekerja baik, menebus luka dan kekecewaan.

Baca: Menkeu Ingatkan Bawahan tentang Sumpah Tidak Terima Suap

"Hal itu dengan menunjukkan di antara jajaran pajak masih banyak yang memiliki komitmen, integritas, dan tidak pernah lelah mencintai Indonesia dengan berbuat baik," pungkasnya.

 


(ABD)