Ekonomi Indonesia Lebih Baik Ketimbang Negara G20

Dheri Agriesta    •    Kamis, 07 Feb 2019 19:17 WIB
ktt g20ekonomi indonesia
Ekonomi Indonesia Lebih Baik Ketimbang Negara G20
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani.

Jakarta: Presiden Joko Widodo menyambut positif pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,17 persen. Presiden menyebut pertumbuhan itu lebih baik ketimbang negara peserta G20 lain. 

"Sebuah angka yang baik kalau dibandingkan negara lain, yang (anggota) G20 loh ya," kata Jokowi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Tak cuma ekonomi, product domestic bruto Indonesia juga lebih dari USD1 triliun. Inflasi Indonesia juga cukup rendah, sekitar 3,13 persen. 

Jokowi mengatakan capaian itu sudah sepatutnya disyukuri. Masyarakat diminta tak kufur nikmat, apalagi di tengah kondisi ekonomi global yang tak menentu seperti sekarang. 

"Allhamdulillah disyukuri karena ekonomi dunia juga masih pada posisi yang tidak baik, tidak menguntungkan kita," kata Jokowi. 

Pemerintah pun akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan mendorong ekspor dan mengurangi impor. Pemerintah juga mendorong agar barang substitusi impor diproduksi di dalam negeri. 

"Yang kedua investasi yang sebesar-besarnya sehingga kita terus memperbaiki menyederhanakan perizinan-perizinan yang ada di pusat maupun di daerah," pungkas Jokowi. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi nasional sepanjang 2018 tumbuh 5,17 persen. Capaian itu lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada 2017 yang hanya sebesar 5,07 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pertumbuhan ekonomi selama 2018 disokong beberapa sumber utama. Terbesar pada sektor industri pengolahan dengan angka kumulatif sebesar 0,91 persen.


 


(SAW)