BI Prediksi Ekonomi Tumbuh 5,10% di Kuartal II-2018

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 11 Jul 2018 10:24 WIB
pertumbuhan ekonomibank indonesiaekonomi indonesia
BI Prediksi Ekonomi Tumbuh 5,10% di Kuartal II-2018
Gedung Bank Indonesia (MI/SUSANTO)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,10 persen di kuartal II-2018. Pertumbuhan ini lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2018 yang hanya sebesar 5,06 persen.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan konsumsi pada kuartal II di tahun ini diperkirakan meningkat, terlebih lagi belanja pemerintah pada periode tersebut juga meningkat ditambah adanya pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Juni lalu.

"Ini ditopang oleh perbaikan konsumsi yang utamanya karena belanja pemerintah yang meningkat serta belanja terkait pilkada," kata Dody, kepada Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Dirinya menambahkan kegiatan ekspor dan impor yang tumbuh juga menopang pertumbuhan ekonomi kuartal II-2018. Meski demikian, pertumbuhan impor diprediksi masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekspor periode tersebut.



"Sementara ekspor barang dan jasa diperkirakan terus tumbuh baik di sekitar tujuh sampai delapan persen, namun di bawah pertumbuhan impor yang masih tinggi di atas 10 persen sejalan khususnya dengan kegiatan investasi domestik," jelas dia.

Gubernur BI Perry Warjiyo sebelumnya meyakini ekonomi kuartal II-2018 akan tumbuh hingga 5,15 persen. Menurut Perry momen Idulfitri serta pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) mendorong konsumsi sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, rendahnya inflasi pada periode tersebut mampu mendorong konsumsi rumah tangga. Sampai dengan Juni 2018, inflasi tercatat sebesar 3,12 persen secara tahunan (yoy) atau sesuai target yang ditetapkan untuk tahun ini sebesar 3,5 plus minus satu persen.

 


(ABD)