Kementerian PUPR Didorong Perkuat Sektor Konstruksi

Fauzan Hilal    •    Kamis, 02 Jun 2016 15:48 WIB
konstruksi
Kementerian PUPR Didorong Perkuat Sektor Konstruksi
Pekerja mengerjakan konstruksi apartemen. Foto: Antara/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat didorong memperkuat sektor konstruksi nasional dengan membentuk Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang independen.
 
Ketua Presidium Forum Asosiasi Jasa Konstruksi Nasional Zainuddin mengatakan, untuk membentuk sektor konstruksi di Indonesia menjadi lebih kokoh, handal, dan berdaya saing, diperlukan LPJK yang kuat, transparan dan independen.
 
“Bagaimana mau menjadikan sektor konstruksi di Indonesia berdaya saing, kalau pengurus (LPJK) diisi orang-orang titipan. Jangan sampai ini terjadi kata,"  Zainuddin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/6/2016).
 
Zainuddin mengingatkan Panitia Pemilihan Kemen PUPR tidak sembarangan memasukan unsur asosiasi perusahaan dan profesional dalam pengurus LPJK Periode 2016-2020.
 
"Kami menemukan ada asosiasi yang tidak memenuhi persyaratan sebaran kepengurusan namun diloloskan, sebaliknya ada asosiasi yang telah memenuhi persyaratan justru tidak lolos," kata  Zainuddin.
 
Zainuddin menjelaskan, LPJK akan menerbitkan Sertifikat Keahlian (SKA), Sertifikat Keterampilan (SKT), dan Sertifikat Badan Usaha (SBU). Ini menjadi syarat untuk mengajukan pendaftaran lelang proyek oleh ULP dan Pokja.
 
Zainuddin meminta panitia pemilihan memperpanjang masa sanggah kepada asosiasi yang mendaftar. Dengan begitu, asosiasi bisa membuktikan dan menambahkan persyaratan yang tidak dapat dipenuhi. Menurutnya, jika tim pemilihan meloloskan asosiasi yang tidak memenuhi persyaratan bakal menimbulkan dampak buruk.
 
"Jika permintaan kami tidak dipenuhi dan panitia ngotot pada keputusannya, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menerbitkan SK, kami akan menggugat SK itu. Kami memiliki banyak bukti untuk membatalkannya," katanya.


(FZN)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA