BI Buka Transaksi Swap Lindung Nilai Yuan

Desi Angriani    •    Selasa, 05 Dec 2017 15:09 WIB
bank indonesiamata uang
BI Buka Transaksi <i>Swap</i> Lindung Nilai Yuan
Mata uang Yuan. (FOTO: AFP)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) membuka transaksi swap lindung nilai dalam mata uang Offshore Chinese Renminbi (CNH) yang dimulai pada 6 Desember 2017. Sebelumnya bank sentral telah membuka transaksi swap lindung nilai dalam mata uang yen (JPY) dan euro (EUR).

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman mengatakan penambahan jenis valuta asing yang digunakan dalam transaksi swap lindung nilai kepada Bank Indonesia dilakukan untuk mendorong keberagaman sumber pembiayaan untuk kegiatan ekonomi nasional.

"Bank Indonesia membuka transaksi swap lindung nilai kepada Bank Indonesia dalam mata uang offshore chinese renminbi mulai 6 Desember 2017," kata Agusman, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.

Adapun window time transaksi swap lindung nilai kepada Bank Indonesia dalam mata uang non-dolar AS dibuka satu kali dalam seminggu, yakni setiap Rabu pukul 14.00-16.00 WIB. Untuk mata uang CNH, bank dapat mengajukan dengan nominal minimum sebesar CNH 10 juta (sepuluh juta Offshore Chinese Renminbi).

Tentunya hal itu dengan kelipatan penawaran sebesar CNH satu juta (satu juta Offshore Chinese Renminbi) dan tenor yang tersedia untuk tiga dan enam bulan. "Pengajuan transaksi tersebut dapat dilakukan oleh bank dengan menyampaikan dasar kebutuhan atau underlying transaksi," imbuh dia.

 


(ABD)