Tugas Jangka Pendek Dirjen Pajak Robert Pakpahan

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 01 Dec 2017 13:52 WIB
kementerian keuanganditjen pajakpenerimaan pajak
Tugas Jangka Pendek Dirjen Pajak Robert Pakpahan
Dirjen Pajak Robert Pakpahan. (FOTO: MI/Adam Dwi)

Jakarta: Robert Pakpahan telah dilantik menjadi Dirjen Pajak. Dirinya menyatakan pekerjaan jangka pendek yang harus ia lakukan yakni mengamankan penerimaan 2017 yang tersisa satu bulan lagi.

Penerimaan pajak tahun ini ditargetkan dalam APBNP 2017 sebesar Rp1.472,7 triliun. Sementara, menjelang akhir November, realisasinya baru tercapai 78 persen atau sekitar Rp1.148,7 triliun.

Robert mengatakan perlunya mengamankan penerimaan pajak untuk menjaga defisit agar sesuai dengan yang diperkirakan yakni 2,67 persen atau lebih rendah dari target dalam APBNP 2017 sebesar 2,92 persen.

Baca: Penerimaan Pajak Capai Rp1.148,7 Triliun hingga November 2017

"Dalam jangka pendek yang saya akan kerjakan adalah untuk sisa 2017 mengamankan penerimaan pajak sehingga bisa menopang APBN, sehingga defisit bisa dipertahankan," kata Robert, Kamis malam, 30 November 2017.

Sementara untuk jangka panjang, kata dia yakni membangun sistem perpajakan yang lebih kredibel, memperbaiki sarana teknologi informasi, serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak dengan memberikan kemudahan dalam setiap bisnis proses yang dijalani.

Selain itu, lanjut mantan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko ini, dirinya juga akan mempersiapkan pelaksanaan pertukaran informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan (AEoI).

"AEoI yang akan datang perlu dipersiapkan secara internal oleh DJP sehingga kita siap menindaklanjuti dan membuahkan hasil," jelas dia.

 


(AHL)