Sri Mulyani: 11,5 Juta Wajib Pajak jadi Godaan Korupsi

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 06 Dec 2017 15:10 WIB
perpajakan
Sri Mulyani: 11,5 Juta Wajib Pajak jadi Godaan Korupsi
Menkeu Sri Mulyani (MI/MOHAMAD IRFAN).

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan agar pegawai pajak berhati-hati pada wajib pajak (WP). Sebab, selain bernilai positif, wajib pajak juga bisa membawa ke hal yang negatif.

Dalam acara peringatan hari antikorupsi yang diselenggarakan Ditjen Pajak, Ani, sapaan akrabnya mengatakan wajib pajak bisa menjadi godaan bagi pegawai yang tidak memiliki integritas.

"Kalau kita bicara tentang wajib kita yang sekarang jumlahnya 32 juta, hanya 11,5 juta yang laporkan SPT, meski segitu, itu jadi lahan yang subur untuk Anda kerjakan. Itu jadi lahan godaan Anda," kata Ani di kantor pusat DJP, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Desember 2017.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebutkan Tuhan bisa menggoda iman manusia tidak hanya dalam bentuk penderitaan, namun juga dalam bentuk lain.

Apalagi untuk pegawai pajak yang banyak menangani dan berhubungan dengan wajib pajak yang rela mengeluarkan pundi-pundinya untuk mempermudah proses pajak mereka dengan memberikan 'uang tempel' pada petugas pajak. Contohnya pada kasus Gayus Tambunan.

"Seorang Gayus bisa beli apa saja, itu sebenarnya nilainya kecil buat wajib pajak. Tapi untuk Gayus, itu nilainya besar sekali," tegas dia.

 


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA