Reformasi Perpajakan untuk Penciptaan Sistem Ekonomi yang Tepat

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Mar 2018 19:30 WIB
perpajakan
Reformasi Perpajakan untuk Penciptaan Sistem Ekonomi yang Tepat
Institute for Tax Reform & Public Policy (INSTEP). Medcom/Eko N.

Jakarta: Institute for Tax Reform & Public Policy (INSTEP) menilai perjalanan reformasi perpajakan, serta kebijakan publik lainnya di wilayah ekonomi yang dinamis memerlukan pengawalan bersama seluruh elemen. Tak hanya tanggung jawab pemerintah saja, pengawalan ini demi menciptakan sistem ekonomi yang tepat termasuk perpajakan di dalamnya.

Direktur Eksekutif INSTEP Hendi Subandi mengatakan, masyarakat madani secara keseluruhan juga memiliki tanggung jawab dalam mengawal terciptanya sistem perpajakan dan kebijakan publik yang berkeadilan. Untuk itu dibutuhkan kerja bersama agar reformasi pajak yang dilakukan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

"Kami, INSTEP didirikan sebagai mitra eksekutif, legislatif dan masyarakat umum yang concern pada pengawalan reformasi perpajakan dan kebijakan publik lainnya guna mewujudkan tujuan konstitusi di bidang kesejahteraan bersama," kata dia di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Dirinya menambahkan, INSTEP akan fokus pada riset dan studi kebijakan mengenai berbagai isu kebijakan perpajakan dan kebijakan publik di bidang fiskal, pembangunan ekonomi, keuangan daerah, serta pembangunan desa, sebagai upaya partisipasi aktif dalam hal kebijakan publik yang berkeadilan.

"INSTEP dalam aktivitasnya diperkuat oleh orang-orang yang berlatar belakang akademisi, peneliti dan profesional muda yang ahli di bidangnya. INSTEP juga bekerjasama dengan institusi dan lembaga lain yang memiliki kesamaan visi dan tujuan dan pencarian solusi yang tepat berbagai permasalahan demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik," jelas dia.

INSTEP memiliki visi sebagai lembaga penelitian dan pusat studi kebijakan yang unggul di bidang reformasi perpajakan dan kebijakan publik. Adapun misi INSTEP adalah meningkatkan partisipasi aktif masyarakat, khususnya profesional, konsultan pajak, akademisi dan pelaku usaha dalam proses pengambilan dan pengawasan kebijakan publik.

"INSTEP turut serta berkontribusi optimal bagi pembangunan nasional pada umumnya, serta pada pengawalan reformasi perpajakan dan kebijakan publik lainnya pada khususnya yang sejalan dengan upaya mewujudkan kesejahteraan bersama seluruh rakyat Indonesia sebagaimana diamanahkan oleh Konstitusi UUD 1945," pungkasnya.


(SAW)