Perah Segala Kemampuan Demi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:42 WIB
pertumbuhan ekonomi
Perah Segala Kemampuan Demi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi
Menkeu Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengerahkan segala kemampuan guna mendorong pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun. Berbagai upaya akan didukung oleh seluruh sektor penggerak perekonomian, mulai dari sektor konsumsi, investasi dan belanja pemerintah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, upaya mendorong konsumsi masyarakat menjadi hal yang paling utama untuk mendongkrak perekonomian. Sektor ini diharapkan menjadi penopang utama di tengah masih lemahnya dua sektor pendorong pertumbuhan ekonomi.

"Saya rasa konsumsi akan tetap dijaga dengan inflasi yang rendah, confident dari masyarkat untuk tetap melakukan aktifitas konsumsi masih diharapkan berlanjut. Jadi itu strategi yang kita lakukan," kata Sri Mulyani ditemui di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Dari sisi fiskal, lanjut dia, pemerintah akan terus berupaya mempercepat penyerapana anggaran. Meskipun begitu, upaya mendorong sektor ini terkendala rendahnya penerimaan negara akibat tingginya ekspektasi pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

"Kita menggunakan seluruh ruang yang ada untuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Pada saat yang sama memang masih harus konsolidasi karena ekspektasi penerimaan negara selama dua tahun terakhir ini memang sangat optimisis," jelas dia.

Sementara itu, dari sisi ekspor impor belum akan mengalami perbaikan karena masih adanya tekanan harga komoditas. Sedangkan sektor investasi diharapkan ada tambahan dari masuknya dana repatriasi program pengampunan pajak (tax amnesty).

"Kita masih berharap baik yang berasal dari korporasi meskipun sebagian korporasi melakukan konsolidasi karena harga komoditi melemah. Namun kita juga mengharapkan baik dari perbankan baik dari sisi korporasi, bagaimana masih punya minat terutama dengan masuknya dana-dana dari repatriasi, tax amnesty," pungkasnya.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA