RI Layak Investasi, Menkeu Kejar Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 20 May 2017 11:05 WIB
ekonomi indonesia
RI Layak Investasi, Menkeu Kejar Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga pemeringkat S&P memberikan peringkat investment grade ke Indonesia. Peringkat yang diberikan mengalami perubahan dari posisi BB+ menjadi BBB-. Peringkat BB+ telah bertahan dua tahun sejak 2015.

Pencapaian itu belum memberi kepuasan tersendiri bagi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Karena, masih banyak yang harus dilakukan pemerintah demi mengerek kesejahteraan masyarakat lebih tinggi.

"Dari sisi indikator pada akhirnya ekonomi suatu negara dianggap punya prospek yang bagus, apabila masyarakatnya makmur, adil, dan aman. Karena itu, kita ingin ciptakan masyarakat adil dan makmur," ungkap Sri Mulyani, ditemui di Kantor Pusat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Jakarta, Jumat 19 Mei 2017.

Hingga saat ini, lanjut wanita yang sering disapa Ani ini, masih ada beberapa indikator yang harus dikerjakan pemerintah, seperti penurunan kemiskinan, kesempatan kerja meningkat, penurunan pengangguran, kesenjangan menurun, dan indeks kualitas manusia yang mengalami peningkatan.

Untuk meraih semua itu, bilang Ani, pemerintah harus benar-benar menjaga ketat APBN. Bukan hanya tinggi, APBN juga harus berdampak positif bagi ekonomi masyarakat Indonesia.

"Kita selama ini berpikir kalau mau kejar pertumbuhan cepat dan ambisius. Kita bisa mengatakan pembangunan dicapai dengan menjaga APBN kita sustain, kredibel dan akuntabilitas yang baik," tukas Ani yang pernah sempat berlabuh di World Bank.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA