Kejar Target Investasi Rp100 Triliun, Pemda DKI Gaet Investor UAE

Devi Triana    •    Senin, 09 Apr 2018 18:05 WIB
investasi
Kejar Target Investasi Rp100 Triliun, Pemda DKI Gaet Investor UAE
Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis saat menjadi pembicara di Jakarta Business Forum. (FOTO: Metro TV/Devi)

Dubai: Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta bersama Kedutaan Besar Indonesia di Abu Dhabi menggelar Jakarta Business Forum untuk mengejar target investasi Rp100 triliun di 2018.

Jakarta Business Forum digelar di kota Dubai, Uni Emirat Arab pada Minggu, 8 April, guna memaparkan peluang investasi di berbagai sektor termasuk pariwisata di Kepulauan Seribu.

Acara yang dibuka resmi oleh Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis di hotel Taj Dubai menghadirkan sekitar 70 investor Uni Emirat Arab di antaranya beberapa pejabat tinggi dan CEO dari perusahaan kakap seperti Dubai Islamic Bank, perusahaan pengembang properti mewah Dubai Damac Properties, dan perusahaan real estate terbesar dunia Emaar Properties.

Grup CEO Dubai Islamic Bank Adnan Chilwan dalam pemaparannya memuji reformasi Pemerintah Indonesia di bidang ekonomi. Aturan investasi dan percepatan infrastruktur peluang investasi di sektor pendidikan, kesehatan, e-commerce, pariwisata, hingga ritel bagi investor di Timur Tengah.

"Investasi ini masih sangat terbuka untuk Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Terlebih dalam satu dekade ke depan diprediksi 70 persen populasi Indonesia akan berada di area perkotaan," ujar dia di Dubai, Senin, 9 April 2018.

Selain itu hubungan bilateral Indonesia dan Uni Emirat Arab selama 41 tahun terakhir sangat baik perlu lebih diperluas dengan kerja sama investasi.

"Investasi Timur Tengah kan lebih banyak ke Eropa, di Amerika, di Singapura, tidak direct. Nah, sekarang dia lihat Indonesia sebagai negara besar, anggota G20, GDP-nya besar, tentunya menjadi daya tarik buat mereka," tutur Husin.

Dalam forum ini juga digelar pertemuan langsung atau one-on-one antara pengusaha Uni Emirat Arab dengan delegasi Pemda DKI di antaranya dengan PT MRT Jakarta, PD Pasar Jaya, perwakilan Kepulauan Seribu, dan PT Jakarta Propertindo.

Pemda DKI menyatakan selain Dubai, Jakarta Business Forum juga akan digelar di kota lain di Eropa. Saat ini sudah ada beberapa perusahaan Uni Emirat Arab yang berinvestasi.

"Ada beberapa yang sudah terealisasi misalnya di sektor ritel seperti landmark dalam tahapan realisasi investasi dan sedang ditangani BKPM. Kemudian, perusahaan properti Damac sudah melakukan survei ke Kepulauan Seribu, dan semoga bisa terealisasi," tambah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta Edy Junaedi.

 


(AHL)