Menkeu Yakin Asian Games Bawa Dampak Positif bagi Perekonomian

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 27 Jul 2018 18:41 WIB
pertumbuhan ekonomiasian games 2018ekonomi indonesia
Menkeu Yakin Asian Games Bawa Dampak Positif bagi Perekonomian
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/MOHAMAD IRFAN)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tetap meyakini ajang Asian Games yang akan digelar di Indonesia akan membawa dampak positif terhadap perekonomian. Salah satunya adalah konsumsi rumah tangga yang diprediksi meningkat seiring pelaksaan pesta olahraga se-Asia tersebut.

"Untuk ekonomi jelas Jakarta dan Palembang tapi beberapa acara kan ada di tempat lain, sekitar Jawa barat. Jadi Agustus ini kita akan menghadapi cukup banyak aktivitas, kita harapkan akan meningkatkan (perekonomian)," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, di Kemenkeu, Jalan Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Juli 2018.

Dirinya menambahkan dari beberapa survei menunjukkan tingkat konsumsi masyarakat pada semester I ini telah meningkat. Di tengah gejolak global yang terjadi, Ani sapaan akrabnya, berharap berbagai kegiatan yang diadakan di Indonesia akan mendorong perekonomian.

"Kemarin saya lihat bahwa kepercayaan dari konsumsi masih terjaga bagus, dari beberapa survei namun ini tetap harus dijaga supaya tidak tergerus oleh karena adanya persepsi gejolak global ini," jelas dia.

Selain itu, pemerintah juga tetap mewaspadai gejolak perekonomian global yang bisa memengaruhi perekonomian nasional. Pemerintah akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar ekonomi dalam negeri tidak terganggu, terutama konsumsi masyarakat.

"Ini lah yang terus kita komunikasikan kepada masyarakat, pemerintah terus berkoordinasi dan terus melakukan reaksi, dan mengantisipasi respons perubahan ini agar ekonomi tetap berjalan dan (konsumsi) masyarakat tetap bisa baik," pungkasnya.


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA