Bank Dunia: Indonesia Perlu Mewaspadai Stagnasi Pertumbuhan Ekonomi

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 03 Oct 2017 13:20 WIB
bank duniapertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Bank Dunia: Indonesia Perlu Mewaspadai Stagnasi Pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Dunia atau World Bank memandang stagnasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama dan kedua yang sama-sama tumbuh 5,01 persen perlu menjadi perhatian pemerintah. Perlu ada usaha yang lebih keras agar pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh lebih maksimal.

Hal tersebut seperti termuat dalam laporan 'Indonesia Economic Quaterly' yang dirilis Bank Dunia, di Jakarta. Kewaspadaan dari pemerintah diperlukan mengingat lingkungan eksternal dan momentun reformasi kebijakan domestik yang baik. Sejumlah potensi perlu terus dipergunakan sebaik mungkin guna mengakselerasi perekonomian.

"Walau tingkat pertumbuhan ini menempatkan Indonesia di antara negara-negara besar yang pertumbuhannya paling cepat di dunia tetapi tidak adanya percepatan menjadi masalah yang perlu diwaspadai," demikian bunyi laporan tersebut, Selasa 3 Oktober 2017.



Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi global yang merupakan faktor eksternal kondisinya membaik. Perdagangan internasional meningkat dan kondisi moneter di negara-negara maju tetap stabil selama triwulan terakhir.

Begitu juga dengan fundamental makroekonomi Indonesia yang baik dan meningkat karena agenda reformasi struktural pemerintah yang terus berjalan. Hal itu ditambah kenaikan peringkat sovereign credit rating dari lembaga Standard and Poor's serta kenaikan peringkat kemudahan berusaha dari Bank Dunia yang mencerminkan fundamental yang terus meningkat.

Momentum reformasi yang sudah berjalan penting dipertahankan karena kesenjangan dalam modal fisik, manusia, dan kualitas kelembagaan masih cukup besar. Tentu kesemuanya itu diharapkan menghasilkan efek yang positif dan nantinya bisa dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali.

 


(ABD)