Lembaga Internasional Makin Yakin dengan Kekuatan Ekonomi RI

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 08 Feb 2018 18:58 WIB
ekonomi indonesia
Lembaga Internasional Makin Yakin dengan Kekuatan Ekonomi RI
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. ( medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menyambut baik kenaikan peringkat kredit Indonesia oleh lembaga pemeringkat Japan Credit Rating Agency Ltd (JCR). Agus mengatakan kenaikan peringkat tersebut mencerminkan semakin meningkatnya keyakinan lembaga internasional terhadap kekuatan fundamental ekonomi Indonesia dan komitmen pemerintah untuk memperbaiki struktur ekonomi ke depan.

"Pencapaian ini juga menunjukkan upaya sinergi kebijakan yang harmonis antara Bank Indonesia dan Pemerintah yang mampu menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan sehingga memberikan suasana kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," kata Agus dalam keterangan resmi, Kamis, 8 Februari 2018.

Lebih lanjut, mantan Menteri Keuangan ini mengatakan, ke depan, bank sentral akan lebih mengoptimalkan kebijakan makroprudensial dan pendalaman pasar keuangan di dalam bauran kebijakan yang ditempuh. BI juga akan terus memberikan komitmen dan kontribusi nyata dalam mendukung upaya reformasi struktural Pemerintah bagi terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan, dan inklusif.

JCR sebelumnya menaikkan peringkat kredit atau sovereign credit rating Indonesia dari posisi BBB- dengan outlook positif menjadi BBB dengan outlook stable. JCR terakhir kali memperbaiki oulook sovereign credit rating Indonesia dari stable menjadi positif, serta mengafirmasi rating BBB- (investment grade) pada 7 Maret 2017.


(SAW)


Pelopor Teh Celup itu Harus Tumbang

Pelopor Teh Celup itu Harus Tumbang

10 hours Ago

Pailitnya Sariwangi menjadi salah satu berita yang cukup mengejutkan. Padahal, Sariwangi telah …

BERITA LAINNYA