Penurunan Tarif PPh UMKM Menggerus Setoran Pajak

Suci Sedya Utami    •    Minggu, 18 Mar 2018 16:00 WIB
perpajakan
Penurunan Tarif PPh UMKM Menggerus Setoran Pajak
UMKM. Antara/Andreas Fitri Atmoko.

Jakarta: Kementerian Keuangan (kemenkeu) saat ini tengah memfinalisasi rencana penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) bagi wajib pajak usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari satu persen menjadi 0,5 persen.

Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Ditjen Pajak Yon Arsal mengatakan penurunan tarif tersebut tentu akan berdampak pada penerimaan pajak. "Ya kalau tarif turun, logikanya penerimaan pasti turun," kata Yon di Jakarta Pusat, Minggu, 18 Maret 2018.

Namun demikian, kata Yon, penurunan ke penerimaan dari hal tersebut tidaklah banyak. Dia juga berharap, penurunan tersebut bisa dikompensasi dengan kepatuhan wajib pajak yang meningkat. Dirinya pun belum menghitung secara rinci berapa potensi penurunan penerimaan karena masih menunggu tarif penurunan final.

"Tapi mudah-mudahan yang lain banyak yang bisa dimasukkan ke dalam sistem, bisa dikompensasi," tutur Yon.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar tarif pajak UMKM diturunkan. Instruksi ini pun langsung dieksekusi oleh Kementerian Keuangan dengan rencana revisi peraturan pemerintah (PP) 46.

Dalam PP 46 disebutkan bahwa penghasilan dari usaha dengan peredaran bruto (omzet) yang tidak melebihi Rp4,8 miliar dalam satu tahun maka dikenakan tarif final sebesar satu persen dari omzet tersebut.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara mengatakan saat ini revisi aturan tersebut masih dalam tahap finalisasi dan ditargetkan akan keluar dalam waktu dekat. "Masih didiskusikan yang penurunan tarif. Entarlah, minggu depan keluar," kata Suahasil.

 


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA