Menperin Usul Penyederhanaan Tax Holiday

Eko Nordiansyah    •    Senin, 12 Mar 2018 20:17 WIB
tax holiday
Menperin Usul Penyederhanaan <i>Tax Holiday</i>
Menperin Airlangga Hartarto. (ANT/Wahyu Putro).

Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengusulkan penyederhanaan aturan tax holiday. Usulan ini telah disampaikan kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berdasarkan pertimbangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Hal ini sebagaimana permintaan Presiden Joko Widodo yang menginginkan adanya terobosan yang inovatif untuk menarik investasi yang lebih banyak dan evaluasi terhadap pemanfaatan skema insentif tax holiday dan tax allowance.

"Kemenperin dan BKPM memang mengusulkan kepada Kemenkeu agar tax holiday disederhanakan berbasis pada KBLI tertentu," kata Airlangga ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 12 Maret 2018.

KBLI merupakan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia, yang akan menjadi dasar untuk menentukan kriteria bagi industri yang mendaftar tax holiday. Melalui KBLI maka industri yang berhak mendapatkan tax allowance tidak perlu lagi dibahas.

"Pada KBLI tertentu industri di hulu yang sifatnya pionir dan investasi besar di atas Rp1 triliun bisa menerima tax holiday 100 persen. Sisanya dimasukkan dalam tax allowance,'' jelas dia.

Lebih lanjut, Airlangga menyebut masih ada beberapa hal yang perlu dibahas dalam rapat lanjutan. Namun, Presiden Jokowi meminta rumusan insentif investasi segera dirampungkan.



Dalam rapat yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution diikuti oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan, Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara dan Direktur Jenderal Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika.
  


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA