Menkeu Anggap Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Depan Realistis

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 13 Sep 2018 20:16 WIB
ekonomi indonesia
Menkeu Anggap Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Depan Realistis
Menteri Keuangan Sri Mulyani. MI/Susanto.

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai target pertumbuhan ekonomi untuk tahun depan sudah cukup realistis. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

"Karena ada downside risk kami akan tetap melihat 5,3 persen akan masih cukup realistis namun kita tetap waspada," kata Sri Mulyani dalam rapat dengan Komisi XI DPR, di Senayan, Jakarta, Kamis, 13 September 2018.

Dirinya menambahkan, berbagai risiko global memang masih akan menjadi perhatian pemerintah. Namun Sri Mulyani optimistis pencapaian tahun depan akan lebih baik dari tahun ini, baik dari pertumbuhan ekonomi, investasi, hingga ekspor impor.

"Kami anggap ada kesempatan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan agregat demand, investasi stabil dan meningkat di atas tujuh persen, ekspor impor akan balance, dengan impor menurun dan ekspor juga akan kinerja lebih positif atau lebih tinggi dari 2018," jelas dia.

Menurut dia, target pertumbuhan ekonomi juga melihat pencapaian pada tahun-tahun sebelumnya. Apalagi perkembangan eksternal beberapa tahun lalu juga menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat dari yang diharapkan.

"Dari sisi Komponen pertumbuan inilah 2014 dan terus berlangsung 2015 hingga 2016. Konsekuensi dari counter cyclical di tahun 2015 itu defisit APBN yang meningkat cukup besar, dan memang itu memang justified dari sisi untuk bisa menjaga perekonomian tidak alami goncangan terlalu besar," pungkasnya.


(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA