Posisi Defisit APBN Saat Ini di Bawah 2,67%

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 14 Nov 2017 17:21 WIB
defisit anggaran
Posisi Defisit APBN Saat Ini di Bawah 2,67%
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih memegang keyakinan bahwa defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2017 sesuai dengan outlook 2,67 persen atau lebih rendah dibanding angka yang ditaruh dalam APBNP sebesar 2,92 persen.

Direktur Pengelolaan Strategi dan Utang Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu Scenaider Siahaan mengatakan saat ini posisi defisit masih berada di bawah angka 2,67 persen.

"Kami melihatnya masih outlook 2,67 persen, belum tahu realisasinya (akhir tahun), kita lihat dinamikanya," kata Scenaider di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa 14 November 2017.

Adapun untuk serapan belanja, kata Scenaider, masih berad di bawah penerimaan namun, dirinya tak menyebutkan angka rinci. Dia bilang, belanja akan meningkat di dua bulan terakhir yakni November dan Desember.

Sementara itu, untuk penerimaan negara terutama dari pajak, Scenaider bilang masih on the track dan terus bertambah.

Sebagai informasi, realisasi penerimaan pajak termasuk PPh Migas hingga akhir Oktober 2017 mencapai Rp858,04 triliun atau 66,85 persen dari target yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp1.283,50 triliun.

 


(AHL)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA