Minta Penjelasan OTT Pajak dan Bea Cukai, Komisi XI Panggil Sri Mulyani

Suci Sedya Utami    •    Senin, 28 Nov 2016 18:23 WIB
ott
Minta Penjelasan OTT Pajak dan Bea Cukai, Komisi XI Panggil Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi XI DPR RI memanggil Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan jajarannya terkait adanya opersi tangkap tangan (OTT) pegawai Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai.

Anggota Komisi XI Fraksi NasDem Johny G Plate mengatakan pihanya cukup reaktif saat mendengar adanya penangkapan di institusi pengumpul penerimaan negara.

baca : OTT Pajak Bikin Kredibilitas Kementerian Keuangan Ternodai

"Kami dengar dua berita di dua satuan ini antara kaget, terkejut dan biasa-biasa saja," kata Johny, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2016).

Biasa karena menurutnya hal seperti ini bukanlah hal yang baru, bahkan sudah menjadi rahasia umum. Karena tahun-tahun sebelumnya sudah ada kasus serupa yang terjadi bahkan menjadi kasus yang cukup menyedot perhatian.

Kagetnya, lanjut Plate kejadian tersebut terjadi saat adanya reformasi kelembagaan baik dari sistem, SDM maupun pemberian remunerasi atau tunjangan. Namun, dirinya berharap agar tak ada kejadian serupa di kemudian hari.




"Saya ingin sampaikan bahwa masalah OTT Pajak dan pungli di Bea Cukai mudah-mudahan hanya terbatas kepada per orang. Adalah perilaku orang perorang dan orang tertentu di lembaga ini," jelas dia.


Sementara itu, Sri Mulyani mengatakan reformasi yang berjalan akan terus dilakukan dalam mentransformasi kelembagaan. Sehingga semua hal yang melanggar hukum bisa dipertanggungjawabkan.

"Kami mampu akuntabel dan tanggung jawab kepada masyarakat dan counterpart kami di dewan dari apa yang terjadi," pungkas Ani.


(SAW)