Gonjang Ganjing Politik bukan Penyebab Investasi Jatuh

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 31 Oct 2018 15:44 WIB
investasi
Gonjang Ganjing Politik bukan Penyebab Investasi Jatuh
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan turunnya realisasi investasi bukan disebabkan oleh gejolak politik di dalam negeri.

Moeldoko menegaskan proses pesta demokrasi di Tanah Air tidak memengaruhi investasi yang masuk. Meskipun memang diakui Moeldoko kontestasi politik di Tanah Air cenderung memanas akhir-akhir ini menuju Pilpres 2019.

"Sekarang kelihatannya gonjang ganjing biasa. Tapi ini bukti partisipasi politik kita tinggi. Kemarin Jakarta (pilkada) sudah kayak mau perang, tapi semua baik-naik saja kan. Jadi enggak ada kaitannya sama Pilpres," kata Moeldoko di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Oktober 2018.

Moeldoko mengatakan realisasi investasi sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi perekonomian di luar negeri. Dia bilang bila ada negara memiliki kebijakan yang lebih menguntungkan maka investor akan memilih negara tersebut ketimbang negara lain.

"Kalau menurut mereka kita kurang menjanjikan, negara lain menjanjikan ya pasti mereka milik (negara itu)," tutur dia.

Namun yang pasti lanjut mantan Panglima TNI ini pemerintah terus memperbaiki iklim investasi di dalam negeri agar investor tetap mau berinvestasi di Indonesia. Apalagi Presiden Joko Widodo memiliki concern terhadap investasi.

"Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menjaga investasi," jelas dia.

Sebelumnya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) triwulan III-2018 tumbuh melemah sebesar Rp173,8 triliun. Angka itu turun 1,6 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp176,6 triliun.

 


(AHL)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

8 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA