Kemenkeu Tampung Usulan Tambahan Anggaran Subsidi Listrik Rp1,7 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 22 Jun 2017 20:18 WIB
subsidi listrik
Kemenkeu Tampung Usulan Tambahan Anggaran Subsidi Listrik Rp1,7 Triliun
PLN. ANTARA FOTO/Umarul Faruq.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan menampung usulan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang meminta tambahan anggaran untuk subsidi listrik.

"InsyaAllah ditampung," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis 22 Juni 2017.

Kemungkinan usulan itu akan dimasukkan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (RAPBNP) 2017. Namun demikian, Askolani tak bisa memastikan apakah angka tersebut bisa diakomodasi seluruhnya. Dia bilang harus dihitung terlebih dahulu.

"Itu kan nanti ada hasil verifikasi," ujar dia.


Selain untuk subsidi listrik, Kemenkeu juga sedang mengecek ulang subsidi energi yang lainnya seperti elpigi dan juga BBM. Namun yang pasti, kata dia, dalam RAPBNP 2017 kemungkinan akan ada penambahan anggaran subsidi.

"Nanti, lagi dicek ulang," jelas dia.

Sebelumnya, Kementerian ESDM meminta tambahan anggaran Rp1,7 triliun karena adanya 2,4 juta pelanggan 900 VA yang masih berhak menerima subsidi.

Jonan mengatakan, tambahan pelanggan itu akan diverifikasi oleh PLN bersama Ditjen Ketenagalistrikan. Kalau itu terjadi maka yang 900VA dari sekitar 4,1 juta pelanggan menjadi sekitar 6,5 juta pelanggan.

"Sehingga usulan kami di RAPBN-P 2017 yang akan kami paparkan pada komisi VII setelah libur itu ada kenaikan sebanyak Rp1,7 triliun," ujar Jonan.




(SAW)